Panduan Perjalanan ke Pulau Banyak, Aceh Singkil


Panduan Perjalanan ke Pulau Banyak, Aceh Singkil

Jika Anda sedang mencari pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih & masih sepi, maka Kepulauan Banyak adalah jawabannya.

Kepulauan Banyak adalah gugusan 99 buah pulau kecil dengan luas wilayah yang mencapai 27.196 Ha. Baik Anda berlibur sendirian, bersama teman-teman, keluarga, atau pun pasangan, Kepulauan Banyak menawarkan banyak pantai cantik dan laut jernih untuk Anda nikmati.

Transportasi Menuju Pulau Banyak

Kepulauan Banyak terletak di bagian selatan dari Provinsi Aceh dan masuk dalam Kabupaten Aceh Singkil. Namun demikian Anda justru akan lebih cepat sampai ke tempat ini melalui kota Medan. Dari Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Anda harus menuju ke pusat kota Medan, naik travel Avanza/ Kijang atau sejenis ke Aceh Singkil (8 jam perjalanan), ojek atau angkutan umum ke Pelabuhan Jembatan Tinggi, lalu kapal tradisional yang jadwal setiap hari  atau kapal feri ke Kepulauan Banyak yang beroperasi setiap hari Selasa, dan Jumat.

Akomodasi di Pulau Banyak

Di kepulauan ini terdapat beberapa pilihan tempat tinggal, terutama di Pulau Balai yang merupakan ibu kota kecamatannya. Ada beberapa panginapan di Pulau Balai adalah

  • - Losmen Putri
    Jl. Iskandar Muda No. 43, Pulau Balai
  • - Losmen Lei Kombih
    Jl. Iskandar Muda No. 1, Pulau Balai
  • - Losmen Nanda
    Jl. Makmur, Pulau Balai

Jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih private, Anda bisa menginap di Lyla Bungalow di Pulau Palambak Besar dengan tarif per malam sekitar Rp200.000,00./Orang Namun demikian, tak sedikit juga pengunjung yang membawa tenda untuk menginap di salah satu pulau yang tak berpenghuni.

Aktivitas di Pulau Banyak

  1.  1. Island Hopping
    Seperti halnya di daerah kepulauan, di sini anda bisa menyusuri dan melompat dari satu pulau ke pulau lainnya dengan menggunakan perahu. Kepulauan Banyak memiliki banyak pulau tak berpenghuni yang sangat cantik. Pasir putih, air yang jenis, warna laut hijau tosca, dan ikan-ikan kecil yang menari di perairannya.

  2. 2. Surfing
    Kegiatan yang paling menarik banyak wisatawan asing di Kepulauan Banyak adalah surfing atau berselancar. Keganasan ombak di Samudera Hindia nampaknya cukup menarik para peselancar untuk menguji nyali di sini. Beberapa area yang biasa dijadikan tempat berselancar adalah ujung selatan Pulau Tuangku dan Pulau Bangkaru, Ujung Lolok dan Ujung Lakita. Para operator selancar menamakan Pulau Bangkaru sebagai pulau harta karun sedangkan Pulau Bangkaru dipanggil sebagai pulau penyu. Pulau Bangkaru ini merupakan tempat konservasi penyu, jadi pulau ini sangat dilindungi.

  3. 3 .Kayaking
    Pemain kayak kelas dunia pernah bilang bahwa Pulau Banyak adalah yang terbaik. Bagi anda yang memang mencari petualangan, sea kayaking memang sangat menggoda. Mengayuh dayung di bawah pepohonan kelapa yang teduh, ditemani ikan-ikan yang berenang di perairan jernih, dan lautan biru tosca yang selalu menggoda mata. Hal yang juga menarik ketika kayaking di Pulau Banyak adalah ketika anda berjumpa dengan formasi-formasi bebatuan yang unik. Anda juga bisa memasuki sungai-sungai kecil yang menggiring kalian ke dalam hutan.

  4. 4. Ikut serta Konservasi Penyu Lankah
    Tak hanya bersenang-senang dengan alam, di Kepulauan Banyak, kalian juga bisa ikut seta atau mendukung konservasi penyu di Pulau Bangkaru. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Banyak. Sebuah pulau yang memiliki hutan rimba, pantai-pantai indah, dan penyu langka yang lucu dan menggemaskan Setiap malamnya, sepanjang tahun, anda bisa menemukan penyu hijau bertelur, pada umumnya berpusat di pantai Amandangan. Penyu Hijau merupakan satwa langka yang dilindungi dan banyak tersebar di Indonesia. Penyu hijau memiliki panjang 1 meter dengan berat lebih dari 200 kg. Sementara itu, di antara bulan November dan Maret kalian bisa menemukan satu satwa langka yang memiliki panjang 2 meter dengan berat 500 kg, yaitu Penyu Belimbing atau Leatherback Turtles. Selain kedua penyu tersebut, kalau beruntung kalian dapat menjumpai Penyu Sisik yang langka

Tips Wisata di Pulau Banyak

Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup sebelum menyeberang ke Kepulauan Banyak mengingat di sini tidak terdapat ATM. Jika Anda memilih opsi untuk berkemah di salah satu pulau yang tidak berpenghuni, pastikan Anda membawa perbekalan makanan yang cukup. Apabila bertemu dengan Penyu Hijau maupun binatang laut lainnya, jangan mengusiknya apalagi mengejarnya hanya sekadar untuk berfoto. Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan atau pun menginjak dan memegang terumbu karang karena hal ini dapat merusaknya

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Berkunjung Ke Pulau Banyak

  1. 1. Terdapat kantor pos di Desa Pulau Balai.

  2. 2. Terdapat pusat kesehatan masyarakat di Pulau Balai, desa Haloban, dan desa Ujung Sialit.

  3. 3. Desa di Pulau Balai, Pulau Baguk, dan Teluk Nibung telah memiliki listrik yang menyala 24 jam. Sementara di Haloban dan Asantola menyala dari jam 5 sore hingga 8 pagi. Sedangkan Ujung Sialit dan Suka Makmur menyala dari jam 6 sore hingga larut malam.

  4. 4. Sinyal telepon masih bisa didapatkan di pulau bagian timur.

  5. 5. Sebaiknya mengonsumsi obat malaria sebelum berkunjung ke Pulau Banyak.

  6. 6. sengatan matahari bisa begitu panas, sebaiknya kalian membawa tabir surya.

Jadi kapan Anda akan mengunjungi Kepulauan Banyak di Kabupaten Aceh Singkil ini? Pasti jawaban sekarang bukan..? tapi saya masih bingung bagaimana cara saya bisa sampai ke Pulau banyak yang indah.
Sekarang tidak usah bingung, kami PULAU BANYAK ONLINE Menyediakan Jasa Travel Wisata Pulau Banyak, kami siap membantu merencanakan Jadwal dan Perjalanan Wsata anda di Kepulauan Banyak Aceh Singkil.

Untuk Info lebih lanjut hubungi atau ingin menggunakan Jasa Travel Tour Pulau Banyak Online Hubugi kami.

 Jalan Iskandar Muda Nomor 02 Pulau Balai, Pulau Banyak, Aceh, Indonesia 47391
 Call / sms +62 813 6152 1336, +62 812 6905 6396 (vanda)
 74486778
 +62 813 6152 1336
 ungoev (Ervanda Saputra)
 Pulau Banyak Online
 info@kepulauanbanyak.com





Diposkan oleh

Berita Lainnya