Pulau Tailana



Pantai Pulau Tailana, Pulau Banyak

PULAU TAILANA ADALAH

Pulau Tailana adalah salah satu pulau di Gugusan Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Pulau ini dulunya sebelum misibah Tsunami Aceh dan Nias melanda Sangat terkenal keindahannya dikalangan Touris Mancanegara tapi setelah musibah itu pengunjung Mancanegara agak sunyi dan mulai tahun 2010 baru kembali dipadati pengunjung dari Mancanegera maupun Lokal Indonesia.

Yah, yang namanya bencana memang tidak bisa diprediksi.Setelah terkena gempa dan tsunami sekalipun, Pulau Tailana ini tetap mempesona.Terutama buat siapapun yang suka dengan suasana tenang, ala island getaway.Fasilitas Pulau Tailana memang tidak selengkap Gili Trawangan di Lombok, namun keindahan dan pesonanya tak kalah keren untuk bersaing keindahannya. Pulau Tailana ini adalah pulau yang jauh lebih agak lengkap fasilitasnya,

Di Pulau Tailana, sudah terdapat beberapa cottage, toilet dan fasilitas air bersih. Meskipun fasilitasnya bisa dibilang cukup sederhana sih.Fasilitas di pulau ini jauh lebih baik, tidak seperti dua pulau lainnya yang juga saya kunjungi, yaitu Pulau Panjang dan Pulau Asok yang terlihat tidak terawat. 

Lansekap Pulau Tailana ini didominasi oleh pepohonan kelapa, dengan beberapa bangunan cottage di salah satu pesisirnya. Terlihat sebuah bangunan mirip cafe berada di bawah rimbunnya pepohonan, dengan beberapa turis asing yang sedang bersantai.

Dua kursi malas untuk berjemur, dan sebuah tempat berteduh kecil dengan atap yang terbuat dari daun kelapa mengering membuat kesan pulau tropis yang menyenangkan makin kuat.Tak jauh dari situ ada dua papan surfing yang sedang tidak terpakai.Memang tak jauh dari Pulau Tailana, ada spot untuk bermain surfing bagi para peminatnya.

Salah satu daya tarik andalan dari Gugugusan Kepulauan Banyak adalah beberapa tempat yang menantang untuk berselancar. Bahkan ada beberapa titik yang mempunyai gulungan ombak dengan ketinggian hingga sekitar 5-6 meter.Maka tidak heran kalau pulau ini nantinya bisa menjadi tempat favorit untuk kabur dari peradaban, sekaligus mengasah keahlian bermain papan selancar.

Selain di dekat Pulau Tailana sendiri ada Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan pada bagian selatan Pulau Tuangku yang merupakan tempat surfing favorit.Untuk tempat yang katanya paling sering dikunjungi para penyuka surfing adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran yang ada di Pulau Bangkaru

Dengan ombak yang menantang, Kepulauan Banyak mungkin terdengar sempurna untuk para penyuka surfing.Namun faktanya, bagi penyuka pantai yang nggak bisa surfing seperti saya, gugusan pulau ini tetap menarik. Pulau Tailana ini salah satu pulau favorit, karena selain pantainya yang indah, pulau ini tidak ramai dengan kesibukan seperti Pulau Probadi.

Di Pulau Tailana anda bisa bermalam di Cottage seharga IDR 125.000 per malam. Namun kita juga bisa mencoba hammock yang terpasang diantara dua pohon kelapa disana. kita bisa menikmatinya.Tak ada suara deru bising mesin dan suara klakson. Hanya deru ombak menghempas pasir pantai terdengar, lengkap hembusan semilir angin khas kepulauan. Selanjutnya.

Fasilitas Pulau Tailana

Cotagge Pulau Tailana, Pulau Banyak

Di Pulau Tailana ada beberapa cottage sederhana yang bisa disewa dengan harga IDR 125.000 per malam di pulau ini.Harga yang nggak terlalu mahal untuk pulau yang menyenangkan. Jika kalian ingin dengan makan 3 kali sehari, kalian tinggal menambah IDR 125.000 lagi.

Tidak ada listrik di cottagenya, namun untuk yang suka dengan suasana alam yang masih alami, pulau ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan selama beberapa hari atau bahkan minggu.Bahkan kata Pak Mali, ada juga bule yang menghabiskan waktu di Pulau Tailana sampai beberapa bulan.

Cara Menuju Ke Pulau Tailana Di Kepulauan Banyak

Jika ada yang ingin liburan ke Pulau Tailana yang ada di Kepulauan Banyak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah terbang ke Bandara Kualanamu yang ada di Medan.Ada banyak penerbangan dari Jakarta menuju ke Medan dengan berbagai maskapai.
Setelah itu, dari Medan baru dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Aceh Singkil yang akan memakan waktu 8-10 jam perjalanan. Tujuannya adalah pelabuhan yang ada di Aceh Singkil, karena dari sinilah baru bisa menyeberang ke Pulau Balai, yang merupakan hub utama ke pulau-pulau kecil di Kepulauan Banyak seperti Tailana.
Ada beberapa perahu yang bisa digunakan untuk menyeberang, seperti kapal ferry dengan waktu berlayar kurang lebih sekitar 4 jam, dengan jadwal keberangkatan 1 minggu sekali.Perlu dicatat, kalau ingin menumpang kapal ferry, hendak diatur jadwal menuju ke Aceh Singkil, agar tidak terbuang waktu menunggu keberangkatan kapal ferry menuju Pulau Banyak.

Alternatifnya ada kapal kayu yang biasa untuk mengangkut sembako dari Pelabuhan Jembatan Tinggi, Aceh singkil yang menuju ke Pulau Balai tiap hari.Sekali jalan tarifnya adalah IDR 30.000 - 50.000 dengan lama perjalanan juga sekitar 3 - 4 jam. Jadwal keberangkatan kapal Boat Tradisonal ini adalah jam 09.30 pagi waktu setempat.
Bisa juga kalau datang dengan rombongan sebaiknya menyewa kapal sendiri, Tarif sewa kapal ini berbeda-beda, tergantung jenis kapalnya. Rata-rata sih harga sewanya sekitar, IDR 1,5-3 Juta.
Ada juga kapal yang tarifnya IDR 10 Juta per hari untuk kapal mewah yang biasa dipakai LOB. Atau kalau tidak mau pusing mengatur transportasi ke Pulau Tailana, bisa juga memakai Jasa Travel Tour Lokal untuk mengatur semua kebutuhan perjalanan anda ke Pulau Banyak 

PETA PULAU TAILANA KEPULAUAN BANYAK